Senin, 04 November 2013

Lagu Bali Hits Janda

2 komentar
Janda, ya itulah topik/tema yang lagi ngetrend di blantika musik Bali saat ini. Sepertinya para musisi Bali sedang ngefans dengan janda, sehingga terinspirasi untuk membuat lagu dengan judul atau tema "JANDA" atau "DUDA". Entah mengikuti trend atau latah membuat lagu janda karena tuntutan pasar.

Sebut saja Dek Arya, di album terbarunya "Wék Igis", ada tiga lagu yang bertemakan Duda/janda seperti : Wek Igis, Duda Ketemu Janda, dan Duda Kesepian. Dannnn.. hampir ketiga lagu ini menjadi hits dari album itu di masyarakat. Yaa, kalau masalah vokal dan kualitas lagu, penembang lagu "Dueg Ngengkebang" ini memang tidak usah diragukan lagi. Bagaimana dengan yang lain..??
Yang lain ada yang sukses juga dengan tembang jandanya, dan ada juga yang mesti gigit jari karena lagunya tidak ngehits. Apa boleh buat, karena persaingan di kancah musik Bali tidak pernah mati. Setiap waktu muncul penyanyi baru, ada yang hanya iseng-iseng menjadi penyanyi dan ada juga yang memang serius menekuninya sebagai salah satu profesinya. Namun, kebanyakan penyanyi Bali mengaku bahwa profesinya sebagai penyanyi hanya sebagai penyalur hoby semata. Dan lagi-lagi inilah penyebab banyaknya muncul lagu-lagu baru yang kwalitasnya tidak begitu baik.

Kembali ke topik kita, Lagu Bali Hits Janda. Dari dulu sebenarnya juga sudah banyak lagu Bali yang mengambil tema ini, seperti lagu "Jamu (janda muda)" yg dipopulerkan Moyo Ariana di album produksi Paras-Paros. Mungkin periode ini sedikit orang yg tau lagu itu, tapi jamannya 15 tahun lalu pasti penggemar lagu Bali tau.

Periode ini, mungkin saya harus akui bahwa Adi Wisnu dengan lagunya "Janda Melengis" telah membangkitkan lagi euforia lagu bertemakan janda di blantika musik Bali. Setelah inilah mulai berjamuran lagu-lagu Bali dengan tema janda, seperti : Doyan Janda, Janda Sintal, Janda Seksi, Kilit Janda, dan janda2 yang lainnya.

Sedikit harapan kami pada para musisi Bali baik penyanyi dan pencipta, janganlah terlalu latah dalam menentukan tema lagu. Biar gak dibilang kurang kreatif, buktikanlah bahwa lagu Bali berkualitas dan inovatif. Dan untuk arangger (arr.red) musik, lebih kreatiflah, karena belakangan ini kami mendengar lagu-lagu Bali hampir susah membedakan musik lagu yg satu dg yg lainnya. Apalagi arr yg sama. Jangan karena banyak order lagu, jadi mulupakan kualitas bermusiknya. Seperti sekarang, banyak sekali lagu2 yang diimbuhi prolog ataukah backing vocal dengan kata "hik..hik.. joss.. jos..". Hahaha..! what ever lah itu.. intinya joss. lebih kreatiflah sedikit.

Intinya sie, hemm.. apakah tulisan ini dianggap kritik atau bukan ataukah sekedar ulasan.., atau mungkin cuma sekedar tanggapan pendengar terhadap lagu-lagu Bali saat ini. Saya berharap musisi Bali semakin berkembang, kreatif dan inovatif ke depannya. Jayalah musik Bali... •_~ (DJ Jul)

2 comments

Posting Komentar